Pandu Arief Setiadi

Latar Belakang Dewasa ini perkembangan teknologi membawa pengaruh besar terhadap cara pandang, gaya hidup manusia dan efisiensi waktu. Hal ini mengakibatkan kebutuhan manusia semakin besar. Untuk itu manusia sentiasa memenuhi kebutuhannya dengan cepat dan praktis. Begitu pula kebutuhan akan transportasi dan informasi yang dianggap sangat penting. Dimana seseorang membutuhkan waktu yang cepat dengan proses yang tidak sukar. Waktu adalah hal yang paling berharga bagi orang yang memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Dengan adanya jasa travel kami membantu anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota sendiri atau bersama keluarga.

Demikian pula perkembangan teknologi yang memberikan kepuasan perolehan informasi dengan cepat dan praktis adalah adanya media internet. Dengan adanya media internet, maka informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh kapan saja, praktis dan cepat. Dahulu media yang dipakai dianggap kurang praktis sehingga informasi yang diperoleh kurang akurat. Oleh karena itu adanya teknologi internet dipandang dapat menutupi kekurangan media-media terdahulu. Kemudian kami juga menyediakan I-Lounge untuk melepas rasa jenuh disaat Anda menunggu keberangkatan.


ASPEK UMUM DAN ORGANISASI


Organisasi

a. Bagan organisasi tersebut di buat agar memudahkan mengenai kepemimpinan organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing-masing.

b. Tingkat jabatan

• Pimpinan, Manajer, Karyawan, Security


Personalia

a. Kebutuhan tenaga kerja Kami dalam menjalankan usaha travel membutuhkan kurang lebih 30 tenaga kerja dengan rincian sebagai berikut ;

• Pimpinan 1 orang, Manajer 4 orang, karyawan 8 orang, Driver 6 orang,

Clining Service 3 orang, Satpam 2 orang.

b. Tingkat balas jasa

Tingkat balas jasa berupa Gaji,dan THR.


ASPEK PEMASARAN


Segmentasi, Targeting dan Positioning

a. Segmentasi

Yang menjadi segmen dari usaha travel adalah segmen menengah dan menengah ke atas.

b. Targeting

Yang menjadi target market adalah semua kalangan yang membutuhkan dan para ekskutif muda yang memiliki mobilitas tinggi.

c. Positioning

Kami ingin meenciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai usaha travel yang nyaman, tepat waktu, dan aman serta harga yang terjangkau.

Permintaan

a. Perkembangan permintaan saat ini

Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan jasa travel semakin meningkat, dikarenakan banyaknya masyarakat yang memerlukan kemudahan transportasi yang cepat dan tepat waktu ke tempat yang dituju.


b. Prospek permintaan di masa yang akan datang

Dengan berkembangnya jasa travel yang relative tinggi akan menyebabkan kondisi persaingan harga antar pesaing. Kondisi tersebut akan memunculkan titik balik dimana akan ditandai dengan berkurangnya permintaan akan jasa travel tersebut, dan konsumen beralih ke jasa travel yang lebih murah. Terlebih ketika sekarang sedang ada trend dari masyarakat yang lebih menyukai transportasiyang aman, cepat, dan tepat waktu tanpa melalui terminal bus dan ini akan memunculkan peluang bagi kegiatan bisnis disektor transportasi.


Penawaran

a. Perkembangan penawaran saat ini

Perkembangan penawaran disektor jasa travel pada saat ini mulai berkembang. Hal tersebut disebabkan karena sector usaha ini belum dibidik dan dikelola secara serius. Oleh karena itu, agar jasa travel menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih baik bagi konsumen.


b. Prospek penawaran di masa yang akan datang

Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha travel pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran jasa yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi sebatas bertukar informasi.Oleh karena itu, bagi pelaku usaha di sector ini harus mampu melakukan penawaran yang inovatif untuk menarik pasar.


Program Pemasaran

a. Tingkat pelayanan

Dalam memasarkan jasa travel,kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan peminjaman modem, pemberian asuransi jiwa, penjemputan gratis sebelum keberangkatan, dan air minum gratis.

b. Penetapan harga

Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.

c. Kegiatan promosi

Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media masa cetak, leaflet dan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun rasio lokal, maupun sebagai sponsor kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah/swasta.


ASPEK TEKNIS DAN OPERASI


Rencana Pengembangan

a. Evaluasi lokasi

Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha Pusaka Randu adalah di Jalan Pramuka raya No.60 Jakarta Timur.

b. Sarana dan prasarana

• Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan menmanfatkan : Mesin Kasir, TV, AC, Modem, Toilet, Ruang Tunggu, Tempat parkir, kendaraan,dll

• Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan bangunan seluas 210 m2 untuk kantor.

c. Tenaga ahli dan tenaga biasa

Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha travel kami adalah tenaga ahli pemasaran, keuangan, operasional dan SDM serta teknisi sarana dan prasarana pendukung usaha. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah wiraniaga, tenaga srabutan dan bagian cleaning service.

d. Bahan – bahan utama

Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha jasa travel antara lain : kendaraan travel dengan kualitas yang baik dan 2 buah kendaaraan operasional untuk ekskutif.

e. Bangunan dan tata letak bangunan

Berkaitan dengan bangunan dan tata letak bangunan, jasa travel Pusaka Randu akan didirikan di atas tanah seluas 900 m2 dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan kantor seluas 210 m2, 600m2 untuk tempat parkir dan sisa 90m2 untuk taman. Bentuk bangunan berupa ruangan berlantai 2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat transaksi penjualan tiket, tempat parkir, loby, ruang informasi dan, toilet.


Rencana Pengoperasian Usaha.

a. Proses Operasi Usaha

Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan tiket, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan tiket dan pemesanan tiket.

b. Kegiatan perawatan mesin

Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin – mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan kendaraan, perawatan AC. Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.


ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL

Penambahan Devisa

Adanya investasi di dalam usaha jasa travel membawa dampak terhadap devisa negara Indonesia meningkatkan minat pariwisata daerah Bandung. Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarakan oleh travel Pusaka Randu dan banyaknya wisatawan yang datang ke Bandung untuk berwisata dan berbisnis dengan menggunakan jasa travel ini.


Penyerapan tenaga kerja

Travel Pusaka Randu memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 27 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.


Dampak terhadap lingkungan masyarakat

a. Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.

b. Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru

c. Mempermudah masyarakat menggunakan transportasi yang aman dan nyaman.

0 Responses

Posting Komentar